+ -

Pages

Kamis, 30 September 2010

[daarut-tauhiid] Re: Adab mendengarkan azan

 

Walaikum salam

Dari Abu Qatadah, bahwa Rasulullah SAW bersabda: "Apabila salah seorang dari kalian masuk masjid, janganlah duduk sehingga shalat dua raka'at." (HR Jama'ah Ahli Hadits)

namanya shalat Tahiyyatul Masjid

Semoga membantu
wassalam
SR
http://insideunitedindonesia.blogspot.com/

--- In daarut-tauhiid@yahoogroups.com, Ane Yoan <aneyoan@...> wrote:
>
> Assalamualaikum,
> Saya mohon pencerahan, apabila pada waktu kita melangkahkan kaki ke masjid saat
> itu lagi berkumandangnya azan, maka setelah berada didalam masjid kita sebaiknya
> jangan duduk dulu, melainkan tetap berdiri sampai azan selesai di perdengarkan.
> Apakah memang begitu adab nya? Atas pencerahannya saya ucapkan terima kasih.
>
> Wassalam,
> Ane
>
>
>
> [Non-text portions of this message have been removed]
>

__._,_.___
Recent Activity:
====================================================
Pesantren Daarut Tauhiid - Bandung - Jakarta - Batam
====================================================
Menuju Ahli Dzikir, Ahli Fikir, dan Ahli Ikhtiar
====================================================
       website:  http://dtjakarta.or.id/
====================================================
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.


Get great advice about dogs and cats. Visit the Dog & Cat Answers Center.


Hobbies & Activities Zone: Find others who share your passions! Explore new interests.

.

__,_._,___
5 Daarut Tauhiid: September 2010   Walaikum salam Dari Abu Qatadah, bahwa Rasulullah SAW bersabda: "Apabila salah seorang dari kalia...

[daarut-tauhiid] Di Isi Air, Keluar Air

 

Assalamualaikum WW?
 
Saudaraku, jika sebuah gelas setiap hari diisi setetes air lalu gelas itu jatuh dan pecah, maka gelas pecah itu akan menumpahkan air.
 
Begitupun hati, jika setiap hari diisi dengan banyak membicarakan dunia dan kebesaran makhluk, maka Jika kita wafat yang akan tumpah dari hati melalui lisan kita adalah kebesaran dunia. Sebaliknya jika diisi dengan amal akhirat dan kebesaran Alloh, maka saat kita wafat, yang akan tumpah dari hati melalui lisan kita adalah kebesaran Alloh. Nabi Bersabda: ..Barangsiapa yang diakhir hayatnya mampu mengucapkan Laa ilaaha illallah, dijamin masuk surga.. (HR. Bukhori Muslim)
 
Untuk itu, mari perbanyak dzikirulloh, agar saat kita sekarat kita mampu berdzikirulloh. Semoga Kita termasuk hamba Alloh yang beruntung. Amien
 
Wassalamualaikum WW!

[Non-text portions of this message have been removed]

__._,_.___
Recent Activity:
====================================================
Pesantren Daarut Tauhiid - Bandung - Jakarta - Batam
====================================================
Menuju Ahli Dzikir, Ahli Fikir, dan Ahli Ikhtiar
====================================================
       website:  http://dtjakarta.or.id/
====================================================
.

__,_._,___
5 Daarut Tauhiid: September 2010   Assalamualaikum WW?   Saudaraku, jika sebuah gelas setiap hari diisi setetes air lalu gelas itu jatuh ...

[daarut-tauhiid] DIBUKA PENDAFTARAN PESANTREN SABTU AHAD (SANTRI TAFAQQUH FIDDIN ANGKATAN KE-6)

 

PESANTREN SABTU-AHAD
DAARUT TAUHIID JAKARTA

Telah dibuka kembali pendaftarana pesantren sabtu ahad....

Nama Program : Diklatsar Santri Tafaqquh Fiddin (STF) Angkatan ke-6
Waktu Pendaftaran : 21 September – 31 Oktober 2010
Waktu Pendidikan : 7 Nopember – 26 Desember 2010
Syarat : Ikhwan/Akhwat usia minimal 15 tahun
Biaya : Rp 350.000,- (termasuk biaya pendidikan, kaos, buku panduan)
Tempat Pendidikan : Pondok Pesantren Daarut Tauhiid
Jl. Sukamulya V Kp.Dukuh Serua Ciputat Tangerang Selatan

MATERI POKOK
Akidah, Bina Baca Al Qur'an (Tahsin), Sholat Khusyuk, Manasik Haji/Umroh, Janaiz

MATERI PENDUKUNG
Etika Dalam Islam, Problem Solving By Team, Motivasi Diri, Solo Beevac, Qiyamullail + Muhasabah

PEMATERI
KH Abdullah Gymnastiar, Ustadz Abdul Hakim, Ustadz Yeri Kusyeri, Ustadz Edi Abu Marwa, Tim Asaatidz DT Jakarta

INFORMASI PENDAFTARAN
Kang Dadang S : 021 91525226
Kang Antho : 0815 692 8805

SMS PENDAFTARAN
REG<spasi>STF6<spasi>NAMA<spasi>ALAMAT
SMS ke 0815 692 8805

__._,_.___
Recent Activity:
====================================================
Pesantren Daarut Tauhiid - Bandung - Jakarta - Batam
====================================================
Menuju Ahli Dzikir, Ahli Fikir, dan Ahli Ikhtiar
====================================================
       website:  http://dtjakarta.or.id/
====================================================
MARKETPLACE

Get great advice about dogs and cats. Visit the Dog & Cat Answers Center.


Hobbies & Activities Zone: Find others who share your passions! Explore new interests.


Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

.

__,_._,___
5 Daarut Tauhiid: September 2010   PESANTREN SABTU-AHAD DAARUT TAUHIID JAKARTA Telah dibuka kembali pendaftarana pesantren sabtu ahad......

[daarut-tauhiid] UNDANGAN SIMPOSIUM GRATIS

 

MILAD & SIMPOSIUM
PROGRAM STUDI TIMUR TENGAH & ISLAM
PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS INDONESIA
 
 
 
Program Studi Timur Tengah & Islam Universitas Indonesia (PSTTI UI) bermaksud mengadakan acara dalam rangkaian Milad Kesembilan  yang akan dilaksanakan bersama-sama oleh seluruh civitas akademika PSTTI UI.
 
Kegiatan ini diisi oleh simposium dengan tema "Membudayakan Tradisi Ilmiah yang Aplikatif". Simposium tersebut dimaksudkan untum membahas beberapa tesis terpilih hasil penelitian lulusan PSTTI UI oleh para user yang berhubungan dengan judul tesis tersebut, yang tujuannya untuk membudayakan tradisi ilmiah yang aplikatif sekaligus memotivasi mahasiswa yang sedang menulis tesis agar mampu menghasilkan tesis yang lebih bermutu serta aplikatif. Acara ini akan diadakan pada :
 
Hari/tanggal    : Jum'at / 8 Oktober 2010
Tempat            : Gd. IASTH UI Lt. IV
  Jl. Salemba Raya No. 4, Jakarta Pusat
Waktu              : 13.00 – 16.20 wib
 
Jadwa Kegiatan Simposium "Membudayakan Tradisi Ilmiah Yang Aplikatif"
 
13.00 – 13.05 : Pembukaan kegiatan simposium oleh MC
13.05 – 13.15 : Sambutan dari Ketua Program Studi Timur Tengah dan Islam
                        Prof. Dr. Lydia Freyani Hawadi, Psikolog
13.15 – 13.30 : Pengarahan tehnis pelaksaan simposium
13.30 – 14.30 : Simposium Sesi 1 (Presentasi dan Pembahasan)
 
Ruang 1
Tema               : Pengaruh Dana Pihak Ketiga, Tingkat Bagi Hasil, Tingkat Imbalan SBIS, Dan Tingkat
  Bunga Terhadap Pembiayaan Baiti Jannati (Studi Kasus di Bank Muamalat Indonesia)
Penyaji             : Fikri Ausyah, SE., M.Si
Pembahas        : Bank Muammalat Indonesia
Moderator        : Mohammad Fathoni, M.Si
 
Ruang 2
Tema               : Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan customer untuk menggunakan jasa
  Hotel Syariah : Studi kasus Hotel Sofyan Betawi Jakarta
Penyaji             : Erika Amelia, SE., M.Si
Pembahas        : Manajemen Hotel Sofyan
Moderator        : Thobieb Al Asyhar, M.Si
 
Ruang 3
Tema               : Kecerdasan Spiritual Pada Penari Whirling Di Rumi Café - Jakarta Selatan
Penyaji             : Emmalia Sutiasasmita, S.Sos., M.Si
Pembahas        : Manajemen Cafe Rumi
Moderator        : Ghozali, M.Si
 
 
 
Ruang 4
Tema               : Studi Interpretatif Terhadap Pemikiran Yusuf Al-Qaradhawi Tentang
  Hukum Tata Negara Islam
Penyaji             : Thantawi Jauhari, Lc., M.Si
Pembahas        : Dr. Hidayat Nur Wahid
Moderator        : Sutrisno Muslimin, M.Si
 
14.30 – 14.40 : Kesimpulan hasil simposium sesi 1
14.40 – 14.50 : Coffee break
14.50 – 15.50 : Simposium Sesi 2 (Presentasi dan Pembahasan)
 
Ruang 1
Tema               : Preferensi Masyarakat Terhadap Gadai Syariah Pada Kantor Cabang Pegadaian
  Syariah Margonda Depok Tahun 2005
Penyaji             : Zaenuddin, M.Si
Pembahas        : Perum Pegadaian Syariah
Moderator        : Adryan Nugraha, M.Si
 
Ruang 2
Tema               : Analisis Hubungan Kepercayaan, Kenyamanan Dan Kualitas Dengan Kepuasan
  Pembeli Sukuk Ritel
Penyaji             : Taufiqurrahman, SE., M.Si
Pembahas        : Bank Syariah Mandiri
Moderator        : Novarini, M.Si
 
Ruang 3
Tema               : Religiusitas Pemuda"Gaul"
  (Studi Kasus Pada Anggota Youth Islmic Studi Club - YISC Al Azhar)
Penyaji             : Muhammad Fadhil, S.IP., M.Si
Pembahas        : Pengurus YISC Al Azhar
Moderator        : Irama Angkat, S.Sos.I., M.Si
Ruang 4
Tema               : Proses Politik Irak Menjadi Negara Federal
  (Studi Kasus Perubahan Negara Irak Tahun 2003-2005)
Penyaji             : Wawa Puja Prabawa, S.Pd., M.Si
Pembahas        : Perwakilan dari Kedubes Irak Di Indonesia
Moderator        : Sabar Sitanggang, M.Si
 
15.50 – 16.00 : Kesimpulan hasil simposium sesi 2
16.00 – 16.10 : Penutupan kegiatan simposium
  oleh Sekretaris Program Studi Timur Tengah dan Islam
  Dr. A. Hanief Saha Ghafur, M.Si
16.10 – 16.15 :            Pembacaan do'a oleh
M. Cholil Nafis, Lc., MA., Ph.D
16.15 – 16.20 : Penutupan oleh MC
 
 
Merupakan suatu kehormatan bagi PSTTI UI dapat menyelenggarakan acara ini. Acara ini bersifat gratis dan terbuka untuk masyarakat umum yang berminat menghadiri ada akan disediakan Sertifikat gratis.
Sehubungan dengan tempat yang sangat terbatas sekali, mohon konfirmasinya sesegera mungkin ke

Ibu Ida Sajidah di 02191010000
Ibu Desti di 0812946912
Bapak Hidayat di 083894004200 / 08119400813
Bapak Ferry di 02193586649
Sekretariat PSTTI UI di 0213924713 (Pada Jam Kerja)
SMS Ke PSTTI UI di 02194288755 (Dengan Menyebutkan Nama, Instansi/Kantor).
Mohon maaf bagi yang tidak mendaftar maka besar kemungkinan tidak boleh masuk atau akan
Mendapat tempat duduk.
Demikian diberitahukan untuk diketahui bersama, mohon kiranya dapat diinformasikan kepada yang lain yang membutuhkannya. Atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih
 
Jakarta, 30 September 2010
Sekretariat PSTTI UI
 

[Non-text portions of this message have been removed]

__._,_.___
Recent Activity:
====================================================
Pesantren Daarut Tauhiid - Bandung - Jakarta - Batam
====================================================
Menuju Ahli Dzikir, Ahli Fikir, dan Ahli Ikhtiar
====================================================
       website:  http://dtjakarta.or.id/
====================================================
.

__,_._,___
5 Daarut Tauhiid: September 2010   MILAD & SIMPOSIUM PROGRAM STUDI TIMUR TENGAH & ISLAM PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS INDONESI...

[daarut-tauhiid] Ad-Dien Menurut Al-Qur’an dan As-Sunnah

*Ad-Dien Menurut Al-Qur'an dan As-Sunnah*

*Standar Yang Salah*

* *

*Pada edisi *sebelumnya kita telah menjelaskan karakter jahiliyah (1) yang
kesembilan yaitu* *mereka mengikuti para ulama *suu'* dalam* *tindakan
kemaksiatan. Selanjutnya, pada matan ini menyebutkan, salah satu metodologi
berpikir orang-orang jahiliyah dalam menilai dan menimbang baik-buruknya
suatu *ad-Dien *(keyakinan/ideologi) yaitu dari tingkat kecerdasan dan
pendidikan pengusung *ad-Dien* tersebut. Jika tingkat kecerdasan
pengusungnya baik, IQ-nya di atas rata-rata (tidak bodoh) ini pertanda
ideologi tersebut baik dan* *benar.

Allah berfirman,

*"Kami tidak melihat orang-orang yang mengikuti kamu, melainkan orang-orang
yang hina dina di antara kami yang lemah akalnya." (Huud: **27)*

Mengenai sifat jahiliyah yang ini, sedikit banyak telah kami jelaskan pada
edisi-edisi sebelumnya. Disini kami akan menjelaskan istilah *ad-Dien. *
Pasalnya*, *seringkali kesalahan dalam memahami ajaran Islam dan berperilaku
disebabkan salah dalam memahami istilah ini.

*Urgensi Pemahaman Istilah ad-Dien*

Istilah *ad-Dien* adalah salah satu dari empat istilah -yaitu,
*Lailahaillallah,
ar-Rabb,al-Ibadah dan ad-Dien- *yang sering terulang dalam al Qur'an.
Memahami keempat istilah ini merupakan kunci untuk memahami al Qur'an dengan
baik. Karenanya, seorang pemikir Islam kontemporer, Abu A'la al-Maududi,
menyusun buku khusus untuk menjelaskan keempat istilah ini, judulnya
*"al-Mustholahats
al-Arba'ah".*

* *

Tentang* *pentingnya memahami keempat istilah ini,* *salah satunya istilah *
ad-Dien*, Abu A'la al-Maududi *rahimahullah *berkata,

*"Ketika seseorang tidak memahami 'Lailahaillallah', 'ar-Rabb', 'Ibadah' dan
istilah 'ad-Dien'. Maka ia akan melihat al Qur'an hanya rangkaian kata dan
kalimat saja. Tidak lebih. la tidak mampu memahami al Qur'an sedikitpun, ia
tidak akan bisa memahami hakekat tauhid dan syirik, juga tidak akan bisa
mempersembahkan ibadahnya hanya kepada Allah serta tidak akan sanggup
mengiklaskan ketaatannya hanya untuk Allah semata." *(al* *Mustholahat
al-Arba'ah, hal. 4)

*Makna ad-Dien*

Pemahaman yang kurang mendalam tentang makna *'ad-Dien' *menyebabkan banyak
syari'at yang dilanggar. Seorang muslim tidak merasa marah, terkejut jika
ada muslim yang keluar dari* *syari'at Islam,* *beralih ke aturan dan
undang-undang *thoghut*, beralih ke ideologi sekuler. Mereka tidak
menganggap sekulerisasi atau liberal sebagai agama. Sehingga orang yang
berideologi liberal dianggap masih Islam.

Karena salah dalam memaknai *'ad-Dien' *seorang muslim rela menikahkan
putrinya dengan seorang sekuleris, liberalis atau pluralis. Padahal sekuler,
undang-undang, liberalis, atheis adalah *'ad-Dien' *selain Islam.
Memperjuangkannya berarti 'pindah agama'.

Dalam bahasa arab, istilah *ad-Dien *memiliki banyak makna, di antaranya:

*al Qahr *(kekuasaan),

*al-itho'ah wak 'ubudiyah wal khidmah *(ketaatan dan pelayanan),

*asy-Syar'u wal Qonun wal Thoriqoh *(Undang-undang dan metodologi),

*al-Mukaf'ah wal hisab *(Pembalasan). (2)

Sedangkan menurut istilah *ad-Dien* memiliki makna (3):

a. *Ketaatan, ketundukan dan ibadah*

Makna ini terkandung dalam firman Allah

*"Dan perangilah mereka itu, sehingga tidak ada fitnah lagi dan (sehingga)
ketaatan itu hanya semata-mata untuk Allah." *(Al-Baqarah: 193)

Abu Ja'far ath-Thobari *rahimahullah* berkata,

*"Yaitu agar semua ibadah dan ketaatan diperuntukan hanya bagi Allah, bukan
untuk patung maupun sesembahan lainnya ... kata 'ad-Dien' yang tercantum
dalam ayat ini maknanya adalah, ibadah dan ketaatan.*(4)

* *

b. *Aturan dan undang-undang*

Makna ini terdapat dalam beberapa ayat dalam al Qur'an diantaranya;

Firman Allah

*"Tiadalah patut Yusuf menghukum saudaranya menurut undang-undang raja,
kecuali Allah menghendaki-Nya.' **(Qs. Yusuf:76*)

Ibnu Jarir *rahimahullah *berkata, "Tidak mungkin Yusuf menghukum saudaranya
dengan menggunakan hukum raja." jadi ayat ini menyebut hukum / aturan dengan
*dien.*

Jadi aturan atau undang-undang adalah *ad-­Dien*. Maknanya, siapapun yang
mengambil aturan Allah sebagai satu-satunya pedoman hidupnya maka ridho
Allah selalu bersamanya. Sebaliknya, siapa saja yang mengambil aturan /
undang-undang selain aturan Allah sebagai pedoman hidup, berarti ia telah
mengambil *dien */ agama selain Islam.

C. *Balasan*

Seperti firman Allah

*"Dan sesungguhnya (hari) pembalasan pasti terjadi." *(*adz-Dzariyat: 6*)*.*

Termasuk kata di surat al-Infithor: 17 dan al-Ma'un:* *1*. * dalam
ayat-ayat diatas* *bermakna pembalasan. (5)

Berdasarkan makna istilah ini, Abu A'la al Maududi* **rahimahullah,
*menyimpulkan
istilah *ad-Dien *memiliki empat unsur, jika ketiga *istilah ini *ada dalam
pandang hidup sebuah bangsa atau seseorang, berarti pandangan hidup tadi
adalah sebuah *ad-Dien. *Keempat unsur *ad-Dien** *tersebut adalah;

1. Puncak* *kepemimpinan dan kekuasaan yang tinggi

2. Mentaati dan tunduk kepada kepemimpinan yang tinggi tersebut.

3. Pandangan hidup/ideologi yang dikendalikan oleh kekuasaan
tinggi tersebut*.*

4. Balasan*; *ganjaran baik bagi mereka yang tunduk dan taat kepada
ideologi tersebut. Dan hukuman bagi mereka yang melanggar ideologi tadi.

* *

*"Ringkasnya' simpul Abu Ma al-Maududi, 'Kalimat dien merupakan istilah yang
menunjukkan sebuah nidzomul hayah –aturan hidup- yang dianut oleh seseorang
untuk mempersembahkan ketaatannya kepada kekuasaan tertinggi manapun,
ketaatannya diatur dengan undang-undang. Sehingga ketaatan kepada kekuasaan
tertinggi tersebut lancar dan melanggar undang-undang tersebut dikenakan
sanksi..*(6)

Abu A'la al-Maududi *rahimahullah* memperkuat kesimpulannya dengan beberapa
dalil, diantaranya, firman Allah

"Dan berkata Fir'aun (kepada pembesar-pembesarnya): 'Biarkanlah aku membunuh
Musa dan hendaklah ia memohon kepada Tuhannya, karena sesungguhnya aku
khawatir dia akan menukar *dien* kalian atau menimbulkan kerusakan di muka
bumi." (*Ghofir: 26*)

Ibnu Katsier berkata, "Fir'aun khawatir jika Musa memalingkan manusia dari *
undang-undangnya* dan mengganti undang-undang serta budaya mereka. (7) Semua
orang paham, *'dinukum'* yang dimaksud oleh Fir'aun adalah
*undang-undang*Fir'aun. Jika Musa berhasil dalam dakwahnya ia akan
menggantikan aturan
Fir'aun. Inilah yang dikhawatirkan oleh Fir'aun. (8)

Jadi jika ada sebuah kekuasaan tertinggi yang rnengharuskan orang taat,
tunduk kepadanya dan memaksakan sebuah ideologi kepada seseorang, dimana
orang yang tunduk dan taat kepada aturan yang dibuat oleh penguasa tertinggi
tadi akan diberi *aplus* (pernghargaan) atau minimal dianggap baik,
sedangkan siapa yang melanggar dikenakan sanksi, maka itulah *ad-Dien*.

Sebagai contoh, Islam adalah *ad-Dien*. Karena, ada kekuasaan tertinggi yang
mengatur (Allah). Ada keharusan untuk tunduk kepada kekuasaan tertinggi
tersebut (Allah). Ada aturan / ideologi yang dibuat dan dikendalikan oleh
penguasa tertinggi (yaitu syari'at Islam). Dan ada berbagai macam janji
termasuk pahala bagi siapa yang mengikuti aturan / ideologi Islam, juga ada
ancaman serta sanksi bagi siapa saja yang melanggar aturan Islam.

Setiap pandang hidup atau ideologi berpotensi menjadi *ad-Dien*. Jika sebuah
ideologi atau pandang hidup memiliki keempat unsur di atas, bisa dipastikan
ia adalah *ad-Dien* selain Islam.

Demokrasi atau sekulerisme, misalnya, keduanya adalah *dien* */ *agama
selain Islam. Demokrasi atau sekuler terdapat dewan atau kekuasaan tertinggi
yang wajib ditaati, ada aturan yang dibuat dan dikendalikan oleh kekuasaan
tertinggi tersebut, ada ganjaran baik bagi yang mematuhi aturannya dan
sanksi bagi yang melanggar. *Wallahu a'lam bish showab*.* Mas'ud

1. Baik jahiliyah ahlu kitab, atheis, musyrikin, sekuler dan selainnya

2. Lih, al Mustholahats al Arba'ah, 65-66, al Mustholahats wal Mofahim,
Syaikh Abu Bashier, 42-43, dan Lisanul Arab, 13/164

3. Disadur dari al Mustholahats wal Mofohim, Abu Bashier dan al Mustholahat
al Arba'ah, Abu A'la al-Maududi

4. Ath-Thobari, 3/570

5. Ath-Thobari, 24/271, & Ibnu Katsir, 8/345, 8/493

6. al Mustholahats al Arba 'ah hal.70

7. Ibnu Katsir, 7/139

8. Al Mustholahat al Arba'ah, hal. 71, Ibnu Katsier,
71/139,TafsirAts-Tsa'labi, 3/343

Sumber : An-Najah Edisi 60 /Ramadhan 1431 H / September 2010 M


[Non-text portions of this message have been removed]

------------------------------------

====================================================
Pesantren Daarut Tauhiid - Bandung - Jakarta - Batam
====================================================
Menuju Ahli Dzikir, Ahli Fikir, dan Ahli Ikhtiar
====================================================
website: http://dtjakarta.or.id/
====================================================Yahoo! Groups Links

<*> To visit your group on the web, go to:
http://groups.yahoo.com/group/daarut-tauhiid/

<*> Your email settings:
Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to:
http://groups.yahoo.com/group/daarut-tauhiid/join
(Yahoo! ID required)

<*> To change settings via email:
daarut-tauhiid-digest@yahoogroups.com
daarut-tauhiid-fullfeatured@yahoogroups.com

<*> To unsubscribe from this group, send an email to:
daarut-tauhiid-unsubscribe@yahoogroups.com

<*> Your use of Yahoo! Groups is subject to:
http://docs.yahoo.com/info/terms/

5 Daarut Tauhiid: September 2010 *Ad-Dien Menurut Al-Qur'an dan As-Sunnah* *Standar Yang Salah* * * *Pada edisi *sebelumnya kita telah menjelaskan karakter jahiliyah (1)...

[daarut-tauhiid] Cinta Yang Memupus Kebencian

 

Cinta Yang Memupus Kebencian

By: agussyafii

Ada seorang ibu yang memiliki tiga anak. Sewaktu saya on air di Radio Bahana 101.8 FM Jakarta beliau SMS bahwa sudah menunggu di Rumah Amalia. Beliau mengidap insomnia. Sudah lebih dari lima tahun mengalami ketergantungan pada obat tidur. Makin lama dosis yang beliau gunakan semakin tinggi. Sampai mengalami halusinasi. Setelah dari perbincangan saya mengetahui beliau sedang dirundung masalah dalam keluarga. Suaminya telah berhubungan dengan perempuan lain.

Awalnya setiap pulang kerja selalu malam hari, tidak seperti biasa. Baginya selama dinafkahi lahir batin, sudah cukup disyukurinya. Ketika beliau bertanya kepada suaminya, sang suami tidak mengakuinya bahkan bila ditanya malah marah. Pernah sampai melakukan kekerasan dalam rumah tangga. Namun semua itu ditahannya karena beliau yakin peristiwa apapun selalu ada hikmahnya. 'Mungkin orang bilang bila suami tidak betah dirumah, istrilah yang salah karena tidak bisa mengurus dengan baik,' ucapnya penuh isak dan tangis.

Saya bertanya kepada beliau apakah selama ini beliau bersama suami dan anak-anak senantiasa melaksanakan sholat lima waktu dengan baik? Beliau hanya menggeleng kepala. Saya menyarankan kepada beliau agar lebih mendekatkan diri kepada Allah dengan menunaikan sholat lima waktu. 'Mengadulah dan memohonlah pertolongan kepada Allah.' Malam itu saya mengajaknya berdoa bersama anak-anak Amalia, memohon kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala agar berkenan memberikan keberkahan kepada keluarga beliau. Malam itu terasa indah. Doa kami terasa hening, menyentuh hati yang sedang terluka.

Beberapa kali beliau berkenan hadir dan berdoa bersama anak-anak Amalia, beliau mengatakan, ' Saya baru menyadari, suami saya melakukan itu semua karena dia tidak mendapatkan kasih sayang Allah. Peristiwa perselingkuhan suami ini malah membuat saya mengerti betapa besarnya cinta Allah kepada keluarga kami agar kami sekeluarga kembali kepadaNya.' Wajah ibu itu terlihat bahagia karena kami semua di Rumah Amalia turut mendoakan untuk kebahagiaan beliau dan keluarganya. Dengan doa bersama, Cinta Allah hadir di dalam hati beliau, memupus kebencian kepada suami. Kabar terakhir, suaminya berjanji tidak lagi berselingkuh dan menyesali perbuatannya karena kondisi suaminya tengah terbaring sakit di Rumah Sakit.

Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Allah menjadikan baginya kemudahan dalam urusannya. (QS Ath-Thalaq 4).

Wassalam,
agussyafii
--
Yuk hadir pada kegiatan 'Amalia Nan Fitri' (MANAF), di Rumah Amalia, Jl. Subagyo IV Blok ii, No. 23 Komplek Peruri, Ciledug. pada hari Ahad, tanggal 10 Oktober 2010. Jam 9 s.d 11 Pagi. Kirimkan dukungan dan partisipasi anda di http://agussyafii.blogspot.com/, http://www.twitter.com/agussyafii atau sms di 087 8777 12 431.

[Non-text portions of this message have been removed]

__._,_.___
Recent Activity:
====================================================
Pesantren Daarut Tauhiid - Bandung - Jakarta - Batam
====================================================
Menuju Ahli Dzikir, Ahli Fikir, dan Ahli Ikhtiar
====================================================
       website:  http://dtjakarta.or.id/
====================================================
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.


Get great advice about dogs and cats. Visit the Dog & Cat Answers Center.


Hobbies & Activities Zone: Find others who share your passions! Explore new interests.

.

__,_._,___
5 Daarut Tauhiid: September 2010   Cinta Yang Memupus Kebencian By: agussyafii Ada seorang ibu yang memiliki tiga anak. Sewaktu saya on...

Rabu, 29 September 2010

[daarut-tauhiid] Fw: Banyak Fakta janggal kasus Terorisme

 



Jakarta (voa-islam.com) -Di tengah riuh rendah isu penyergapan teroris di medan,
sofyan tsauri, bekas polisi yang disebut-sebut sebagai perekrut dan pelatih
kelompok teroris aceh disidangkan di pengadilan negeri depok kamis lalu.
Anehnya, tidak ada seorang anggota densus-88 pun, bahkan polisi biasa yang
mengawal persidangan itu, padahal, biasanya polisi terutama tim densus 88,
selalu mengawal tersangka teroris. Apalagi, sofyan selalu digambarkan sebagai
gembong teroris paling berbahaya di kelompok aceh setelah dulmatin tewas.

Sementara itu, Kapolri jenderal bambang hendarso danuri pun menyebut perampokan
bank CIMB Medan sebulan lalu terkait dengan jaringan teroris aceh. Lalu mengapa
pengawalan begitu longgar? Siapakah sebenarnya sofyan tsauri? Benarkah lelaki
itu agen intelijen yang disusupkan ke jaringan teroris? Bagaimana penyusupan itu
terjadi? Tim liputan antv menemukan berbagai kejanggalan di lapangan.

Kejanggalan I: Minim Pengamanan dalam Sidang
Di Pengadilan negeri depok, pada hari kamis, 23 september 2010, tak ada yang
luar biasa di sana. Siang itu, suasana sepi, penjagaan pun tidak istimewa,
padahal, hari itu sofyan tsauri, seorang lelaki yang disebut-sebut sebagai
gembong teroris aceh, untuk pertama kalinya disidangkan.
Dialah satu-satunya tersangka teroris aceh yang disidangkan di pengadilan negeri
depok. Wartawan antv, ahmad sumardjoko pun terperangah ketika melangkah ke
bagian belakang gedung pengadilan negeri depok sebab di depan sel tersangka
seorang lelaki bergamis dan bertubuh gempal langsung menyapa di balik jeruji
besi apalagi lelaki yang mengaku bernama sofyan tsauri itu lalu meminta
diwawancarai.
Maka, begitu kamera terarah ke sosok bertubuh gempal itu meluncurlah pengakuan
sofyan tentang dirinya tanpa tedeng aling-aling. Setelah mengaku sebagai anggota
kelompok al qaidah asia tenggara, sofyan mengaku memang sengaja memakai jalur
kekerasan dalam mencapai tujuan yakni kemenangan Islam. Dengan blak-blakan
sofyan mencaci maki amerika serikat dan para pemimpin indonesia yang mengekor
Amerika. Namun tak lupa sofyan juga menyanyi tentang faksi-faksi yang tergabung
dalam kelompok mereka yang berlatih militer di aceh.
…"seperti yang anda ketahui, sebagai anggota al qaidah asia tenggara, kami
senantiasa menyiapkan langkah untuk menyerang …."
Anehnya pengakuan gamblang sofyan di dalam sel itu, seolah sengaja dibiarkan.
Tidak ada polisi, petugas kejaksaan, atau petugas keamanan lain yang mencoba
menghentikan ocehan sofyan.
Padahal selama ini, setiap kali sidang teroris digelar puluhan polisi dan
anggota densus 88 senantiasa mengawal mereka, terlebih lagi jika yang disidang
adalah orang yang telah dinobatkan sebagai tersangka teroris kelas kakap
sebagaimana sofyan tsauri.
Maka, selama sekitar setengah jam wartawan antv mewawancarai sofyan tsauri
dengan leluasa sofyan yang mengaku telah dipecat dari dinas kepolisian itu
bercerita penuh percaya diri tentang sepak terjangnya sebagai perekrut, pelatih
serta penyedia senjata dan amunisi untuk para tersangka teroris aceh.
Namun, berbeda dengan para tersangka teroris lainnya, yang biasanya sangat
takzim saat menyebut nama Usamah bin Laden, dengan sebutan syaikh atau al
mujahid, Sofyan justru terkesan biasa-biasa saja, saat menyebut pimpinan
tertinggi al qaidah itu, padahal sofyan mengaku anggota Al Qaidah asia tenggara.
…Usamah bin laden dan dr ayman al zawahiri memimpin kami…"
Uniknya, saat kelonggaran pengawalan sofyan tsauri ditanyakan kepada Kepala
Divisi Humas Mabes Polri Inspektur Jenderal Iskandar Hasan, Iskandar justru
menyalahkan pihak kejaksaan.
…"ini tanggung jawab pihak kejaksaan dan pengadilan. seharusnya mereka meminta
kami dari pihak kepolisian untuk mengawal tersangka"..
Tanggapan iskandar ini agak aneh, sebab, selama ini secara otomatis pihak
polisi terutama densus 88 justru yang pro-aktif mengawal dan mengamankan
persidangan para tersangka teroris. Apalagi, menurut keterangan isteri sofyan,
suaminya pun dalam status tahanan titip kejaksaan di polda metro jaya.
Tentu saja sepenggal kisah di pengadilan negeri Depok, kamis siang lalu itu,
semakin menambah daftar pertanyaan tentang siapa sebenarnya sofyan tsauri.

Kejanggalan II : Menawarkan Pendanaan Militer
Nama Sofyan Tsauri mulai muncul di permukaan, ketika polisi menyerbu gerombolan
bersenjata di hutan kawasan jantho, Aceh Besar, Nangroe Aceh Darussalam, awal
maret 2010. Saat itu, sofyan bekas anggota sabhara kepolisian resort Depok, Jawa
Barat berpangkat brigadir kepala ini, sudah disebut-sebut sebagai pelatih para
anggota gerombolan itu.
…."di antara para tersangka teroris yang tertangkap ada seseorang yang diduga
sebagai pelatih mereka.." kata Kapolri Jenderal Polisi Bambang Hendarso Danuri…
Nama Sofyan Tsauri semakin tenar ketika pada 9 maret 2010 polisi menembak mati
dulmatin di warung internet multiplus, Pamulang, Banten. Dulmatin adalah buronan
polisi yang sempat kabur ke Filipina. Polisi menduga dulmatin terlibat kasus bom
bali satu, dan berbagai kasus bom lainnya. Selain sebagai pelatih, Sofyan
ditengarai polisi sebagai kolaborator dulmatin, yang bertugas menyediakan
senjata dan amunisi.
…Kapolri Jenderal Polisi Bambang Hendarso Danuri: "dialah yang menyediakan
senjata, amunisi dan melatih para nggota teroris itu"…
Berdasarkan keterangan polisi, Sofyan telah dinobatkan sebagai tokoh sentral
dalam pelatihan kelompok teroris aceh di jantho, Sofyan-lah yang menyediakan 28
pucuk senjata laras panjang, berikut amunisinya. Sofyan pula yang merekrut,
melatih menembak, dan membekali para pemuda yang berhasil direkrutnya dengan
kemampuan militer. Iming-iming yang diberikan, para pemuda itu konon akan
dikirim untuk berjihad ke Gaza, Palestina.
Semula sofyan ditugaskan ke aceh untuk mengikuti operasi keamanan dan ketertiban
masyarakat pasca bencana tsunami 2004. Namun di bumi serambi mekah itu entah
mengapa kata Mantan Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Edward Aritonang,
Sofyan berubah menjadi radikal.
…"awalnya dia memang ditugaskan di aceh, namun kemudian terpengaruh dengan ide
terorisme… ia tak pernah muncul lagi di kesatuan…."kata Kepala Divisi Humas
Mabes Polri Irjen Edward Aritonang..
Namun, Ketua Divisi Advokasi Front Pembela Islam (FPI), Munarman , menemukan
banyak kejanggalan sepak terjang sofyan, misalnya, Munarman menemukan fakta
bahwa sofyan mulai merekrut para pemuda muslim untuk menjadi mujahidin sejak
masih berdinas sebagai polisi.
Seorang anggota FPI yang sempat direkrut mengungkapkan bahwa mereka baru tahu
sofyan bekas polisi yang telah dipecat saat menginap di rumah sofyan. Saat itu,
sofyan seolah sengaja meninggalkan surat pemecatannya di meja agar dibaca para
pemuda yang direkrutnya.
"Sufyan tsauri ini mulai dari maret 2009 sampai dengan januari 2010 itu
keliling, bukan saja ke aceh, tetapi juga ke beberapa pulau jawa. kita waktu
itu, sempat ke solo, ke jawa tengah dan beberapa daerah lain. ini sufyan tsauri
ini rupanya sudah masuk kemana-mana. yang aneh adalah, yg dilakukan oleh sufyan
tsauri ini, dia menawarkan uang untuk setiap pembukaan latihan 500 juta rupiah
kepada ustad2 setempat. kalo ustad ini, mau membuka pelatihan militer, dia mau
membiayai 500 juta. untung saja, ustad-ustad di solo, di jawa tengah sekitarnya,
menolak. tetapi rupanya, ada beberapa orang berhasil dia rekrut, untuk dibawa ke
pelatihan di aceh. " ungkap Munarman.
Namun fakta yang paling janggal adalah kenyataan bahwa sofyan melatih para
pemuda itu di lapangan tembak Markas Komando brigade mobil, Kelapa Dua, Depok,
Jawa barat selama sebulan penuh kebetulan rumah sofyan tak jauh dari kompleks
mako brimob kelapa dua.
Bekerja sama dengan dua petugas gudang senjata brimob, Sofyan mendapat puluhan
pucuk senapan laras panjang jenis AK-47 dan SS-1 . Senjata-senjata itulah yang
dipakai untuk latihan menembak, sementara sofyan pun selalu memberikan 50 butir
peluru per orang, setiap kali sesi latihan berlangsung.
Tak hanya itu, sofyan pun membekali masing-masing pemuda itu dengan sejumlah
uang selama sebulan tinggal di Jakarta.
…"nah pelatihan di aceh yg punya peran sentral soal uang, segala macam, senjata,
yang pasok itu penuh seluruhnya oleh sufyan tsauri. tapi, sampai hari ini, soal
sofyan tsauri, gelap"ungkap Munarman…
Yang juga menarik saat beberapa pemuda rekrutannya ditangkap di aceh secara tak
sengaja ketua FPI Aceh, Yusuf Qardhawi, melihat sofyan melenggang bebas di luar
tahanan polda aceh, sofyan bahkan sempat menyapa yusuf sebelum naik mobil vitara
bersama beberapa polisi lainnya menuju pusat kota.
Menurut Munarman, Sofyan sengaja disusupkan intelijen polri untuk meradikalisasi
kelompok-kelompok islam . Apalagi beberapa pemuda yang direkrut itu anggota
Jamaah Ansharut Tauhid maupun Front Pembela Islam. Anehnya, para pemuda itu
sebagian lalu dilepas, setelah dipaksa mengakui keterlibatan baasyir dalam
pelatihan teroris di aceh.
"dugaan kuat kita, ustad abu ditangkap, karena ada teman-teman kita yang
ditangkap, dipaksa utk memberikan pengakuan dlm bap bahwa ustad abu bakar yg
membiayai ini semua. karena saya tahu, ustad abu beberapa kali ke kantor saya
sebelum ini, dia bilang, dia tidak setuju dgn gerakan gerakan seperti itu dalam
tanda petik, itu tidak ada konsep islam seperti itu. konsep jihad itu satu
komando, terorganisir, bukan yang main main seperti ini.." Ungkap Munarman
Tentu saja teori radikalisasi ala munarman itu, ditolak mentah-mentah pihak
kepolisian. Menurut mantan kepala divisi humas mabes polri irjen edwar aritonang
dugaan kesengajaan menyusupkan sofyan agar ada alasan polisi untuk menangkap
baasyir dan aktifis muslim lainnya adalah tidak benar.
…"itu tidak benar, sofyan memang deserter dan terlibat terorisme… sementara itu
kami punya bukti yang kuat keterlibatan abu bakar baasyir"ungkap Aritonang…
Maka, hingga kini dugaan bahwa sofyan tsauri adalah agen yang sengaja disusupkan
polisi masih menjadi pro dan kontra di masyarakat.

Kejanggalan III : Kontradiktif Pengakuan
Kisah tentang sepak terjang sofyan tsauri, tersangka teroris aceh , yang
dituding Front Pembela Islam sebagai intel susupan untuk merekayasa gerakan
teroris aceh menjadi isu hangat di sejumlah media apalagi setelah pimpinan
jamaah ansharut tauhid abu bakar baasyir ditangkap detasemen khusus 88 polri di
banjar, 9 agustus 2010 lalu.
Maka, berbekal informasi dari narasumber yang mengaku kenal sofyan tsauri, kami
melangkah menuju kawasan kelapa dua Depok, Jawa Barat. dengan niat mengungkap
berbagai kejanggalan kasus sofyan tsauri, tim mencoba menelusuri jejak disertir
polisi itu.
Narasumber yang kami temui di rumahnya itu, bernama suyono. Suyono mengaku kenal
sofyan sebagai seorang disertir polisi, maklumlah, suyono adalah karyawan sofyan
dalam bisnis yang telah lebih dua tahun mereka jalankan.
Yang menarik, bisnis mereka adalah jual beli air soft gun, alias senjata mainan
yang mirip ukuran sebenarnya. Langganan mereka pun kebanyakan polisi dan
tentara. Apalagi toko mereka berada di dekat kawasan militer cijantung.
Menurut suyono, bosnya tinggal berpindah-pindah rumah, namun masih berkisar di
sekitar Markas Komando Brimob Kepala Dua. Dalam pandangan Suyono, Sofyan adalah
seorang polisi yang punya pemahaman islam kental.
Kepada karyawannya, sofyan bahkan mengaku kerap ditegur atasan karena tak mau
menghormat bendera. Karena itu, suyono ragu jika sufyan adalah intel polisi yang
disusupkan ke gerakan Islam. Suyono sendiri mengaku sempat ditangkap polisi,
atas tuduhan terlibat terorisme. Namun, entah mengapa lelaki itu kemudian
dilepaskan lagi, dan menjalankan bisnis bosnya.
…"saya rasa tidak benar, ya…"ungkap Suyono,karyawan sofyan tsauri..
Percakapan kami hingga malam hari dengan suyono, akhirnya membuahkan hasil.
Suyono pun bersedia menghubungkan kami, dengan istri sofyan tsauri.
Berbekal informasi suyono, keesokan harinya, kami menelusuri rumah sofyan, di
kawasan sekitar Markas Komando Brimob Kelapa Dua Depok.
penelusuran kami terhenti di sebuah rumah yang asri, di belakang
kampusGunadarma, Depok, tak jauh dari Mako Brimob. Di rumah itu, tinggal istri
pertama sufyan, bernama astri. Rumah megah itu sangat jauh berbeda dengan model
rumah kontrakan yang biasa dihuni para tersangka teroris. Rumah itu tampak
tertata rapi dan asri.
Seperti suyono, astri pun membantah jika suaminya agen intelejen yang disusupkan
ke gerakan islam, untuk merekayasa kasus teroris aceh, dan menyeret nama abu
bakar ba'asyir.
Meskipun demikian, dalam perbincangan dengan tim kami, tofik m tohir dan nugroho
dendy, astri mengakui, bahwa rumahnya pernah diinapi kawan kawan sofyan dari
aceh. Dengan polos astri pun mengakui bahwa suaminya pernah melatih kawan
kawannya menembak di Mako Brimob.
Tapi astri membantah, jika latihan menembak itu terkait dengan kasus terorisme.
Menurut astri, latihan menembak itu adalah bagian dari bisnis hobi senjata
airsoft gun yang dijalankan suaminya hingga kini.
Astri bahkan menantang balik tudingan FPI dengan melihat fakta keberadaan
suaminya yang masih ditahan di sel polda metro jaya."tidak benar itu…" katanya.
Namun, berbagai fakta dan keterangan dari rumah sofyan, justru semakin
menerbitkan kecurigaan kami, tentang sepak terjang sofyan . Sebab sikap sofyan
maupun isterinya terasa terlalu terbuka dan jauh berbeda dengan karakter
tersangka teroris selama ini yang cenderung tertutup dan tak mudah percaya untuk
diwawancarai wartawan.
Kejanggalan juga semakin jelas, karena ternyata bisnis air soft gun sofyan
hingga kini terus berlangsung. Padahal, selama ini mata pencaharian tersangka
teroris pasti langsung terputus, ketika mereka ditangkap. Apalagi, senjata
mainan air soft gun itu adalah barang yang peka dan rawan penyalahgunaan.
Fakta bahwa sofyan hingga kini masih ditahan di Polda Metro Jaya juga
menggugurkan alasan kegeraman Kadiv Humas Polri Irjen Iskandar Hasan, yang
menuding aparat kejaksaan dan kehakiman tidak berkoordinasi dengan polisi untuk
mengawal persidangan sofyan.

Sumber tulisan:
Judul : Fakta Janggal di Sekitar Tsauri
Penulis : Hanibal w y wijayanta
Rep/cam : Ahmad sumardjoko dkk.

Wass,


DL

[Non-text portions of this message have been removed]

__._,_.___
Recent Activity:
====================================================
Pesantren Daarut Tauhiid - Bandung - Jakarta - Batam
====================================================
Menuju Ahli Dzikir, Ahli Fikir, dan Ahli Ikhtiar
====================================================
       website:  http://dtjakarta.or.id/
====================================================
.

__,_._,___
5 Daarut Tauhiid: September 2010   Jakarta (voa-islam.com) -Di tengah riuh rendah isu penyergapan teroris di medan, sofyan tsauri, bekas...

[daarut-tauhiid] Undangan Halal bi Halal Keluarga Besar Daarut Tauhiid Jakarta

 

Assalamu 'alaikum wr, wb.

Dengan memuji Allah swt dan menyampaikan shalawat kepada Rasul-Nya,
kami, atas nama Keluarga Besar Daarut Tauhiid Jakarta (www.dtjakarta.or.id)
mengundang sahabat sekalian untuk hadir dalam acara Halal bi Halal,
yang insya Allah akan diselenggarakan pada:

Senin, 4 Oktober 2010
Aula Buya Hamka Al Azhar
Jl. Sisingamangaraja Kebayoran Baru Jakarta Selatan
Jam 18.00 wib
Acara: Nasyid Snada, The Jingga
Taushiyah KH. Abdullah Gymnastiar
Host: Agus Idwar

Mari bersama-sama kita menjalin silaturahim,mengika erat tali ukhuwah untuk
menjadi barisan yang teratur dan kokoh dalam tali yang sama, yaitu dinul Islam.
Kami tunggu kehadiran sahabat semua.

Wassalamu 'alaikum wr, wb.

[Non-text portions of this message have been removed]

__._,_.___
Recent Activity:
====================================================
Pesantren Daarut Tauhiid - Bandung - Jakarta - Batam
====================================================
Menuju Ahli Dzikir, Ahli Fikir, dan Ahli Ikhtiar
====================================================
       website:  http://dtjakarta.or.id/
====================================================
MARKETPLACE

Get great advice about dogs and cats. Visit the Dog & Cat Answers Center.


Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.


Hobbies & Activities Zone: Find others who share your passions! Explore new interests.

.

__,_._,___
5 Daarut Tauhiid: September 2010   Assalamu 'alaikum wr, wb. Dengan memuji Allah swt dan menyampaikan shalawat kepada Rasul-Nya, kam...

[daarut-tauhiid] Urgent : Pendidikan Salah Arah, Mengkritisi Sekolah

 

Assalamu'alaikum Warahmatullah

Melalui email ini saya mengajak kepada saudara-saudara sekalian untuk
berpikir jernih dan jujur. Saya mengajak saudara
sekalian untuk mengkritisi institusi sekolah di Indonesia. Sekolah merupakan
harapan bagi para orangtua di Indonesia untuk
masa depan anak-anaknya. Bahkan sebagian orangtua rela mengeluarkan harta yang
banyak agar anaknya bisa bersekolah.
Namun realitanya ada permasalahan-permasalahan penting yang ada di institusi
sekolah. Sekolah telah gagal menghasilkan
orang-orang yang mampu mengaplikasikan ilmu yang didapatnya ke dalam kehidupan
sehari-hari dan dalam kehidupan
bermasyarakat. Sekolah telah gagal menghasilkan orang-orang yang mampu
mengaplikasikan ilmu yang didapatnya ke dalam
bidang pekerjaan/profesi.
Hal tersebut dikarenakan ilmi-ilmu yang diajarkan di sekolah tidak
berkaitan erat dengan kehidupan sehari-hari dan dunia
kerja. Ilmu-ilmu yang diajarkan hanyalah teori-teori belaka yang sulit untuk
diaplikasikan dan kemudian terlupakan. Coba kita
perhatikan, Apakah seorang pedagang bakso dalam membuat bakso
yang enak menggunakan ilmu-ilmu biologi dan fisika, Apakah seorang pelayan toko
menggunakan ilmu-ilmu fisika, biologi, dan
kimia dalam melayani pelanggannya.apakah seorang pelayan toko menggunakan
ilmu-ilmu fisika, biologi, dan geografi dalam
ketika pelanggannya?. apakah seorang karyawan supermarket menggunakan ilmu
sosiologi dan geografi dalam pekerjaannya
sehari-hari?. Bagaimanakah seorang operator komputer menerapkan ilmu-ilmu IPA
dan IPS dalam mengoperasikan komputer?
Apakah seorang mekanik sepeda motor menggunakan ilmu-ilmu bilogi, kimia dan
matematika ketika memperbaiki sepeda
motor? apakah seorang petani menggunakan ilmu-ilmu geogarfi, fisika dan biologi
ketika menanam dan merawat tanamannya?.
Jawablah pertanyaan diatas dengan jujur.
Untuk bisa bersekolah diperlukan biaya yang tidak sedikit.
Siswa-siswa sekolah juga memerlukan waktu yang banyak, tenaga,
dan pikiran yang tak sedikit dalam menjalani kegiatan di sekolah. Kasihan
anak-anak Indonesia yang telah mengorbankan banyak
hal demi meraih ilmu yang tak bermanfaat dan tak dapat diaplikasikan.Begitu
banyak ilmu yang dipelajari di sekolah, namun sangat
sedikit yang bisa diterapkan di suatu profesi/pekerjaan dan kehidupan
sehari-hari.
Umumnya tamatan SMU cenderung kurang mampu langsung bekerja
dikarenakan disekolah tidak diajarkan keterampilan dan
keahlian tertentu. Sementara sebagian besar lapangan kerja di Indonesia berada
di sektor UMKM.
Untuk bekerja di sektor UMKM cukup memiliki satu atau dua keahlian di bidang
tertentu, bukan ilmu pengetahuan di banyak
bidang namun tak dapat diterapkan dalam pekerjaan.
Biasanya pemuda tamatan SMU/SMP ketika diterima bekerja di suatu
perusahaan, maka perusahaan tersebut perlu mengadakan
training atau pelatihan. Lalu bagaimana dengan ilmu-ilmu yang telah dipelajari
di sekolah, mengapa mereka masih perlu di training,
sementara mereka telah 12 tahun belajar begitu banyak ilmu di sekolah. Inilah
buktinya bahwa ilmu-ilmu yang dipelajari disekolah
tidak bermanfat, tidak dapat diaplikasikan dan diterapkan di dalam pekerjaan
atau profesi tertentu. Sementara dalam mendapatkan
ilmu-ilmu tersebut telah dikeluarkan biaya yang tak sedikit, waktu, tenaga dan
pikiran selama bertahun-tahun.

Sebagai seorang muslim sudah selayaknya menjauhi hal-hal yang tak
bermanfaat. Sebagaimana disebutkan dalam suatu hadist
shahih yang tercantum dalam kitab Arba'in An-Nawawi, yang artinya:
" Salah satu tanda kebaikan Islam seseorang adalah meninggalkan apa-apa yang
tidak bermanfaat"

Solusi
Dengan mendirikan lembaga pendidikan non-pemerintah sehingga kurikulum yang
diajarkan bisa fleksibel. Materi pelajaran yang
akan diberikan kepada para siswa diseleksi sedemikian rupa sehingga hanya
ilmu-ilmu yang benar-benar bermanfaat yang dimasukka
kedalam kurikulum sekolah.

Wassalamu'alaikum

[Non-text portions of this message have been removed]

__._,_.___
Recent Activity:
====================================================
Pesantren Daarut Tauhiid - Bandung - Jakarta - Batam
====================================================
Menuju Ahli Dzikir, Ahli Fikir, dan Ahli Ikhtiar
====================================================
       website:  http://dtjakarta.or.id/
====================================================
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.


Get great advice about dogs and cats. Visit the Dog & Cat Answers Center.


Hobbies & Activities Zone: Find others who share your passions! Explore new interests.

.

__,_._,___
5 Daarut Tauhiid: September 2010   Assalamu'alaikum Warahmatullah Melalui email ini saya mengajak kepada saudara-saudara sekalian unt...
< >